Surah Hud Ayat 19 - QuranWeb

terms: Surah Hud ayat 19 merujuk kepada mereka yang membawa kesesatan kepada pencari-pencari hak atau kepada orang-orang yang mengikuti jalan Allah...

Surah Hud Ayat 19

Surah Hud ayat 19 merujuk kepada mereka yang membawa kesesatan kepada pencari-pencari hak atau kepada orang-orang yang mengikuti jalan Allah. Mereka yang menghalangi orang dari jalan yang benar dan menghendaki agar jalan itu bengkok. Umpamanya, mereka yang mempromosikan ajaran dosa, dan mencoba untuk membersihkan doktrin ini untuk membuatnya dipahami oleh umat Islam. Mereka yang melakukan ini telah mengikuti jalan setan, yang menghalangi jalan Allah.


Allah telah melarang manusia untuk menghalang-halangi jalan-Nya dan menggunakan hal itu untuk kebaikan diri mereka sendiri. Allah menjelaskan bahwa orang-orang yang melakukan hal ini akan dikenai hukuman pada Hari Akhir. Dia telah memberi peringatan kepada orang-orang yang melakukan sesuatu seperti ini.


Surah Hud ayat 19 juga mengingatkan umat Islam tentang realitas akhirat. Ini adalah masa depan yang akan menjadi pembalasan bagi mereka yang diizinkan Allah untuk masuk ke dalam surga, serta keluhur yang dikekang dari surga. Sesuai dengan firman Allah:


“Dan sesungguhnya orang-orang yang mendustakan akan perumpamaan akhirat, mereka itulah orang-orang yang jahat.” Ayat 18.


Pada ayat tersebut, Allah berbicara tentang orang-orang yang mendustakan tentang kehidupan akhirat. Mereka tidak percaya bahwa ada kehidupan akhirat di luar kehidupan dunia ini. Mereka memegang teguh prinsip Duniawi. Mereka percaya bahwa setelah mati, seseorang akan kembali kepada Allah, dan tidak ada yang lain yang dapat dilakukan. Mereka tidak percaya bahwa setelah orang meninggal, mereka akan berada di dunia lain di mana mereka akan dikenai hukuman atau pujian berdasarkan pada tindakan mereka di dunia ini.


Karena itu, Allah mengingatkan kita untuk berpegang pada jalan-Nya dan tidak mengikuti jalan-jalan orang-orang yang berpaling dari jalan yang diperintahkan Allah. Ayat-ayat al-Quran telah menegaskan bahwa orang-orang yang tidak percaya adanya hari akhirat akan dikenai hukuman pada Hari Akhir. Oleh karena itu, setiap orang harus mengikuti petunjuk dan perintah Allah untuk membuat hidup yang sejaah dan nyaman dan diharapkan Allah menyelamatkan mereka.


Dengan demikian, Surah Hud ayat 19 merupakan pengingat yang kuat bahwa manusia harus berhati-hati dalam memilih jalan hidup yang benar. Kita harus terus berpegang teguh pada jalan Allah dan berusaha untuk mengikuti petunjuk ajaran Allah yang sepintar-pintarnya. Kita juga harus berusaha untuk sungguh-sungguh percaya bahwa hari akhirat akan segera datang dan orang-orang yang telah mengikuti jalan Allah akan diberi balasan yang setimpal dengan kebaikan mereka sedangkan orang-orang yang telah menghalangi jalan Allah akan dikenai hukuman yang setimpal.