Surah At-Taubah Ayat 73 - QuranWeb

terms: Ayat berkaitan perintah bagi Nabi Muhammad Saw untuk berjihad melawan orang-orang kafir dan munafik, dan bersikap keras terhadap mereka. Sej...

Surah At-Taubah Ayat 73

Ayat berkaitan perintah bagi Nabi Muhammad Saw untuk berjihad melawan orang-orang kafir dan munafik, dan bersikap keras terhadap mereka. Sejarah telah menyatakan bahwa Nabi Muhammad Saw telah mengikuti perintah Allah dan berjihad melawan orang-orang kafir. Penyebutan perintah yang jelas ini sampai kepada para pembaca sebagai contoh bagi siapa saja yang memiliki kekuatan, tujuan dan persiapan untuk berjihad.


Ayat ini juga menyebutkan bahwa alamat mereka adalah "neraka Jahannam". Ucapan ini mengingatkan kita pada sebuah fakta bahwa orang-orang kafir dan munafik akan dibenci oleh Allah dan mereka masuk ke neraka Jahannam karena ketidakpatuhan mereka. Dengan mengingatkan manusia secara sosial, ini adalah peringatan yang berusaha menghilangkan kesombongan dan hawa nafsu mereka.


Dengan begitu, ayat ini memiliki arti yang lebih luas. Ia juga mengingatkan kita pada fakta bahwa perintah Allah harus ditaati dan mereka yang tidak melaksanakan perintah Allah akan menderita konsekuensi. Oleh karena itu, ayat ini memberikan harapan bahwa siapa pun yang melakukan perbuatan yang buruk akan menanggung konsekuensi saat menghadapi hari kiamat nanti. Oleh karena itu, pendengar dipersilahkan untuk menjauhi perbuatan yang buruk patuh dan tunduk pada perintah Allah, sehingga mereka dapat mencapai surga.


Secara keseluruhan, maksud Surah At-Taubah Ayat 73 adalah untuk memberikan harapan, peringatan serta motivasi untuk melaksanakan perintah Allah dan menghindari perbuatan buruk. Ia mengingatkan kita pada fakta bahwa seseorang akan dikenai akibat buruk jika ia memilih untuk tidak menaati perintah Allah. Ini mendorong semangat manusia untuk menyampaikan pekerti luhur, dan menghalangi suasana jelek, hawa nafsu dan kesombongan. Ini juga bisa dikatakan sebagai cara untuk menghormati kata-kata Allah dan melestarikan agama Islam.