Surah At-Taubah Ayat 40 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah ayat 40 merupakan satu dari ayat-ayat dalam Al-Quran yang berkisah tentang masa lalu Rasulullah SAW. Ayat ini menceritakan t...

Surah At-Taubah Ayat 40

Surah At-Taubah ayat 40 merupakan satu dari ayat-ayat dalam Al-Quran yang berkisah tentang masa lalu Rasulullah SAW. Ayat ini menceritakan tentang masa dimana Rasulullah SAW dan sahabatnya disingkirkan dari Mekah oleh orang-orang kafir yang menghendaki mereka berdua diserang. Ketika itu, Rasulullah SAW dan sahabatnya bersembunyi dalam gua, dan orang-orang kafir berjalan lalu melewati gua tersebut. Maka rasulullah SAW bersabda kepada sahabatnya "Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita".


Ayat Quran ini mengingatkan kita bahwa meskipun suatu saat Rasulullah SAW berada dalam kondisi yang lemah dan terancam, namun Allah telah berkuasa untuk melakukan apapun untuk menolongnya. Allah SWT selalu menolong orang-orang yang beriman dengan berbagai cara. Pada saat itu, Allah telah memberikan kekuatan dan ketenangan kepada Nabi SAW dan sahabatnya serta telah mengurangi keinginan orang-orang kafir untuk menyerang mereka berdua.


Allah SWT memberi berkat berupa bala tentara yang tak tampak dengan mata telanjang, untuk menolong mereka dari serangan musuh. Hanya Allah SWT yang bisa melakukan ini. Allah SWT adalah Mahaperkasa, luasnya kekuasaan Allah SWT adalah luasnya pada kekuasaan-Nya yang tak terbatas. Allah SWT adalah Mahabijaksana, yaitu mahabijaksana yang mengatur segala sesuatu dengan bijaksana. Allah SWT bisa melakukan segalanya dan mengatur segalanya dengan bijak.


Ayat Quran ini menunjukkan bahwa rasulullah SAW dan sahabatnya adalah orang-orang yang beriman kepada Allah SWT dan yang memiliki keyakinan dan kepercayaan yang kuat kepada-Nya.Dengan kata lain, meskipun mereka berada dalam kondisi yang lemah, mereka berdua masih percaya bahwa Allah SWT akan berada di sisi mereka dan menolong mereka. Inilah, bukti bahwa mereka benar-benar besar imannya.


Di samping itu, ayat ini juga dipahami sebagai peringatan kepada orang-orang yang ragu atau ingkar akan kebenaran syariat Allah SWT. Perintah Allah SWT adalah tinggi, wajib bagi orang-orang beriman untuk mentaati dan melaksanakannya. Oleh karena itu, ayat ini juga menjadi peringatan kepada masyarakat Islam saat ini untuk pergi kembali ke ajaran agama mereka, mentaatinya dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Kesimpulannya, ayat Qur'an ini menggambarkan betapa besar kuasa Allah SWT dan betapa besar iman Rasulullah SAW dan sahabatnya. Dengan ayat ini, Allah SWT mengingatkan kita bahwa dalam setiap kondisi, meskipun seseorang berada dalam kondisi yang lemah dan tertekan jasmani maupun rohani, selalu ada Allah yang berkuasa untuk menolong orang beriman. Selain itu, ayat ini juga ingatkan kita tentang kewajiban kita sebagai orang-orang yang beriman untuk mentaati dan melaksanakan intruksi-intruksi Allah SWT demi kepentingan agama dan masyarakat.