Surah Al-An'am Ayat 36 - QuranWeb

terms: Surah Al-An'am Ayat 36 merupakan salah satu ayat Al-Quran yang baru diturunkan. Pada ayat ini, disebutkan bahwa hanya orang-orang yang mende...

Surah Al-An'am Ayat 36

Surah Al-An'am Ayat 36 merupakan salah satu ayat Al-Quran yang baru diturunkan. Pada ayat ini, disebutkan bahwa hanya orang-orang yang mendengar seruan Allah yang akan taat kepadanya. Artinya, sebagai umat muslim, haruslah senantiasa mengikuti ajaran yang telah disebutkan Allah. Selain itu, ayat ini juga menyinggung tentang masalah kematian. Ayat ini menyatakan bahwa semua manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan oleh Allah kemudian mereka akan dikembalikan kepada Allah. Meskipun kematian itu pasti akan terjadi, ayat ini mengingatkan kita agar senantiasa beribadah dan berbuat baik agar kita bisa memperoleh ampunan Allah nantinya.


Berdasarkan ayat ini, kita sebagai umat muslim diharapkan untuk tetap berpegang teguh pada ajaran yang diturunkan Allah. Salah satu cara untuk mematuhi ajaran Allah adalah dengan menghormati dan mematuhi perintah-perintah yang telah ditentukan oleh Allah. Diantaranya seperti mengerjakan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, berzakat, menyebar kebaikan, dan lain sebagainya Yang perlu kita ingat, bahwa kewajiban ini wajib dilaksanakan oleh semua umat muslim.


Selain itu, ayat Al-An’am ini juga mengingatkan kepada kita bahwa kematian itu pasti akan terjadi dan tidak bisa ditolak. Pada saat mati nanti, kita tidak akan bisa menyembunyikan segala perbuatan kita semasa hidup. Oleh karena itu, diingatkan pula bahwa kita harus senantiasa berbuat baik demi mendapatkan pahala di akhirat nanti.


Untuk dapat melakukan semua itu, sebaiknya kita lebih dahulu melaksanakan disiplin hidup. Seyogyanya, kita meninggalkan sikap malas dan mengisi waktu dengan aktivitas-aktivitas positif yang dapat membantu mencapai tujuan hidup yang baik. Seperti inilah cara yang dapat dimaklimukan oleh umat muslim agar dapat berjumpa dengan Allah dengan hati yang bersih di akhirat nanti.


Kesimpulannya, Surah Al-An’am ayat 36 mengingatkan umat muslim agar senantiasa taat kepada Allah dan memenuhi perintah-perintahNya. Selain itu, ayat ini juga mengingatkan bahwa semua manusia yang telah meninggal akan dibangkitkan kembali oleh Allah dan kembali kepada-Nya. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk memenuhi segala perintah Allah dan senantiasa berbuat baik demi mendapatkan pahala dari Allah di akhirat nanti.