Surah Al-An'am Ayat 16 - QuranWeb

terms: Ayat 16 dari Surah Al-An'am menyatakan tentang hari yang ditakdirkan oleh Allah pada setiap manusia, yaitu hari kiamat. Sebelumnya, Ayat-aya...

Surah Al-An'am Ayat 16

Ayat 16 dari Surah Al-An'am menyatakan tentang hari yang ditakdirkan oleh Allah pada setiap manusia, yaitu hari kiamat. Sebelumnya, Ayat-ayat 14 dan 15 telah menekankan bahwa tidak ada satu pun makhluk yang dapat melepaskan dirinya dari hari itu. Hanya dengan mempercayai iman, mematuhi perintah Allah dan hidup dengan cara yang benar seperti yang disyari'atkan kita dapat mengharapkan mereka yang sudah bersih dari dosa, melarikan diri dari azab Allah.


Perilaku baik dan iman yang kuat akan membantu seseorang menghindari azab Allah di hari kiamat. Jika seseorang berusaha untuk taat kepada Allah dan menjalankan kebaikan, maka ia akan dilindungi oleh Allah di hari kiamat dan tidak tertimpa siksa. Allah tidak akan menghukum orang yang berusaha menjadi orang yang baik dan memberikan malapetaka yang tak ada habisnya di hari kiamat.


Ayat ini menggambarkan bagaimana Allah akan menjadi semakin memberi rahmat di hari kiamat bagi mereka yang telah bertaubat dari dosa- dosa mereka. Allah akan melimpahkan rahmat bagi mereka yang taat, menerima hukuman demi membuat diri mereka bersih dari dosa dan hidup dengan benar. Ini adalah tugas Allah, untuk mengarahkan orang ke tempat yang tepat dan berakhir dengan pahala yang terbaik di hari kiamat.


Kata “kemenangan” yang digunakan dalam ayat tersebut menegaskan bahwa Allah akan menyelamatkan mereka yang taat kepada-Nya. Orang yang dijauhkan dari berbagai bentuk siksa pada hari kiamat adalah mereka yang selama hidupnya di dunia, berusaha keras untuk menjalankan kebaikan, beriman kepada Allah dan berusaha menyerahkan segala urusannya kepada Allah. Dengan demikian, ayat ini mengimplikasikan bahwa jalan kemenangan adalah melalui jalan yang diberikan oleh Allah.


Jadi, isi ayat ini adalah Allah memberikan rahmat yang berlimpah kepada orang yang taat kepada-Nya, membuat mereka terhindar dari azab dan menjamin mereka akan mendapatkan kemenangan abadi. Itulah yang disebut sebagai “kemenangan yang nyata”. Allah akan menyelamatkan orang-orang yang ingin dihindarkan dari siksa dan menjadikan mereka hidup dalam sukacita abadi.