Surah Ali 'Imran Ayat 193 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran ayat 193 merupakan bagian dari Al-Quran yang menyebutkan tentang bersyukur kepada Allah dan beriman kepadaNya. Pasalnya, di...

Surah Ali 'Imran Ayat 193

Surah Ali 'Imran ayat 193 merupakan bagian dari Al-Quran yang menyebutkan tentang bersyukur kepada Allah dan beriman kepadaNya. Pasalnya, di ayat tersebut Allah meminta umatnya untuk “berimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman”. Hal ini mengisyaratkan bahwa kita semua seyogyanya patuh dan tunduk kepada Allah swt, menghargai dan beriman kepadaNya, karena Dia satu-satunya yang benar-benar berkuasa serta memberikan kita rahmat dan petunjuk sehingga kita dapat menjalani kehidupan ini dengan baik.


Selain itu, di ayat tersebut juga Allah meminta kepada kita agar selalu memohon ampunan dan mencari perlindunganNya. Pasalnya, dengan permohonan maaf dan perlindungan Allah swt, kita akan mendapatkan keselamatan di dunia dan di akhirat nanti. Hal ini sejalan dengan kepercayaan para pengikut Islam bahwa jika kita mau mendekatkan diri kepada Allah swt dengan cara berbuat baik, maka Allah swt akan mengarahkan kita untuk melakukan perubahan positif dan membimbing kita untuk hidup damai.


Di samping itu, di ayat tersebut juga Allah mendoakan bagi mereka yang berbuat baik. Pasalnya, Allah swt menyebutkan bahwa kita harus “matikanlah kami beserta orang-orang yang berbakti”. Mengingat, orang yang berbakti adalah orang yang menjalankan perintah Allah swt. Dengan demikian, dengan doa ini, Allah swt mengabulkan permohonan umatnya untuk dimasukkan ke dalam syurgaNya akibat dari berbuat baik dengan mengikuti perintahNya.


Dengan demikian, ayat tersebut memberi pesan kepada kita untuk selalu berdoa dan bersyukur kepada Allah swt. Pasalnya, hanya Allah swt yang berkuasa untuk mengarahkan kita dalam menjalani kehidupan ini dengan baik. Selain itu, kita juga harus senantiasa berbuat baik dan mengabdikan diri kepadaNya. Dengan mematuhi perintahNya dan menjalankan ibadah dengan baik, maka kita mampu mendapatkan balasan yang baik dari Allah swt, yaitu keselamatan di dunia dan akhirat nanti.