Surah Ali 'Imran Ayat 175 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran ayat 175 adalah sebuah ayat suci Al-Quran yang mengingatkan kita tidak perlu takut kepada selain Allah SWT. Ayat tersebut j...

Surah Ali 'Imran Ayat 175

Surah Ali 'Imran ayat 175 adalah sebuah ayat suci Al-Quran yang mengingatkan kita tidak perlu takut kepada selain Allah SWT. Ayat tersebut juga mengingatkan bahwa yang harus ditakuti adalah Allah SWT dan hanya Dia juga yang pantas diyakini, diserahkan diri, dan bertawakal kepada-Nya. Maksud dari ayat ini adalah, jangan biarkan ancaman dan bujuk rayu setan (firaun, syaitan dan mereka) untuk membuat Anda takut. Ini diungkapkan dengan jelas dalam ayat "jadi jangan takut dengan (pengaruh) mereka, tetapi takutlah Kepada-Ku".


Ayat ini diakhiri dengan petunjuk bahwa, agar bisa mengikuti kebenaran dan Allah SWT, kita harus menjadi orang-orang beriman. Yaitu, orang yang meyakini segala sesuatu yang Allah telah tuliskan dan tidak takut melakukan hal yang benar sebagai pengikut Allah SWT.


Kata Allah SWT juga meliputi ancaman dan janji bagi setan dan mereka yang mengikutinya. Yakni, untuk dilaknat atau memperoleh pahala power pun masing-masing. Ini adalah kehendak Allah SWT tentang bahaya yang ada pada orang-orang yang mengikuti setan dan mereka. Di awal ayat surah ini sedikit menegaskan firman-Nya yang berbunyi "sesungguhnya mereka (makhluk Allah) itu adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya".


Namun, ayat Ali Imran ayat 175 juga melarang kita untuk takut kepada mereka. Kecdiaman kita dan rasa takut kita kepada Allah SWT adalah faktor penting dalam menguatkan hati kita dan membuat kita saling menghormati serta menghormati Allah SWT. Karena itu, Allah SWT menekankan pentingnya menjaga agar kemampuan rasa takut kita tidak melenceng dari hakikatnya.


Namun, ayat ini juga menekankan bahwa jika kita ingin meraih kebaikan yang datang dari Allah SWT kita harus bersikap beriman. Hal ini penting dalam mencapai keajegan oleh Rasulullah saw. Tunjukkan diakhir ayat Ali Imran ayat 175 "Jika Engkau orang-orang beriman". Ini merujuk pada para sahabat, yaitu para pengikut yang meyakini, mencintai, berbuat baik kepada, dan memahami contoh Nabi Muhammad saw.


Kata-kata Allah SWT mengajarkan kepada kita bahwa ada dua jenis ketakutan: jenis pertama adalah ketakutan karena takut kepada mereka yang mengikuti setan, dan jenis kedua adalah ketakutan yang sesungguhnya, yaitu ketakutan karena takut akan Allah SWT.


Kata-kata Allah SWT hadir untuk memberitahu kita bahwa jika kita takut Allah SWT, maka kita tidak akan takut selain Allah SWT dan kita tidak akan mencari kebaikan di luar-Nya. Di sisi lain kata-kata Allah SWT juga mengingatkan kita bahwa pada masa kini, ketakutan akan selain Allah SWT dapat menyesatkan dan mendorong kita ke jalur kesesatan. Oleh karena itu, Allah SWT memberitahu kita untuk takut kepada-Nya dan jangan takut pun kepada makhluk lain.


Ayat Ali Imran ayat 175 merupakan bentuk pelajaran dari Allah SWT bagi umat manusia agar jangan takut kepada selain-Nya, tetapi untuk takut kepada-Nya dan ikuti petunjuk-Nya. Melalui ayat ini, Allah SWT memberitahu kita bahwa setan dan jenis yang terkait dengannya adalah musuh kita yang harus kita takuti. Oleh karenanya, kami harus waspada terhadap pengaruh dari setan dan makhluk lain. Agar bisa membela diri, kita harus takut kepada Allah SWT, sebagai pengikut-Nya yang benar dan jangan mengikuti setan dan makhluk lain.