Surah Ali 'Imran Ayat 169 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran ayat 169 adalah salah satu ayat dari Al-Qur’an yang mengingatkan orang-orang beriman bahwa Allah mencintai segala jenis lim...

Surah Ali 'Imran Ayat 169

Surah Ali 'Imran ayat 169 adalah salah satu ayat dari Al-Qur’an yang mengingatkan orang-orang beriman bahwa Allah mencintai segala jenis lima perkara dan kehidupan abadi untuk mereka yang telah mati di jalan Allah. Ayat tersebut juga mengingatkan agar tidak sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan rahmat dan pertolongan Allah, sebab mungkin ketika fase tertentu dalam hidup mereka, mereka benar-benar menginginkan dan tanpa hadirnya rahmat Allah, hidup mereka mungkin tidak dapat mencapai tujuannya dalam hidup.


Ayat tersebut juga bermaksud untuk mengingatkan orang yang kerap lalai dan lalai beriman bahwa orang-orang yang mati di jalan Allah merupakan mereka yang masih hidup dan dalam pegangan Allah. Allah telah mempersiapkan bagi mereka pahala yang tidak terkira, di luar pahala duniawi, mereka bahkan akan diberikan rezeki yang tidak ternilai di sisi-Nya. Semakin banyak orang yang mati di jalan Allah, semakin baik hasil yang akan didapatkan Allah.


Ayat tersebut juga ingin mengajak manusia untuk melihat kematian yang dialami sebagian dari mereka sebagai perjuangan dan pengorbanan dalam beribadah. Ayat ini ingin mengingatkan bahwa meninggal di jalan Allah bukanlah suatu kehilangan atau kematian yang sebenarnya. Melainkan memiliki kesanggupan untuk mendapatkan ridho Allah dan keuntungan yang tidak ternilai di alam akhirat.


Allah menentukan kematian untuk orang-orang beriman di jalan-Nya sebagai hadiah untuk mereka dan Allah berjanji akan memberikan kepada mereka syurga yang penuh dengan keridhaan Allah. Ayat tersebut juga bermaksud menyingkirkan kekhawatiran orang yang mati yang mungkin merasa air mata orang yang tersisa di masa lalu tidak akan menghilang, ketimbang menijingkirkannya dengan mengingatkan orang yang tersisa bahwa orang yang mati di jalan Allah akan mendapatkan di alam akhirat yang tidak terkira.


Terakhir, ayat tersebut ingin menjadikan manusia terus berkarya dalam kebenaran dan harapan bahwa mereka akan mendapatkan pahala dari Allah yang abadi di alam akhirat. Ayat ini ingin memberikan pengingat agar orang yang masih hidup jangan lupa untuk menghormati dan menghargai orang yang telah mati di jalan Allah dan selalu melakukan amal saleh demi mencapai kebahagiaan dan kemenangan akhirat. Kejayaan orang-orang beriman dalam peperangan dan berjuang akan melambangkan kesyukuran dan pengharapan kepada Allah atas keselamatan di alam akhirat.


Firman Allah:


"Dan jangan sekali-kali kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; sebenarnya mereka itu hidup di sisi Tuhannya mendapat rezeki," (Q.S Ali Imran: 169)


Dalam ayat tersebut Allah mengingatkan agar manusia tidak menganggap bahwa siapa yang telah gugur di jalan-Nya sudah benar benar mati. Melainkan orang-orang tersebut tetap hidup di sisi Tuhan mereka. Mereka yang telah berkorban dalam jalan Allah laid-lah yang akan mendapatkan rezeki dari Tuhan yang tidak terhingga.


Ketahuilah bahwa orang-orang yang telah meninggal di jalan Allah, tetaplah hidup di sisi Tuhannya dan mendapatkan rezeki yang tidak terhingga, dan bagi mereka merupakan bentuk nikmat dari Allah yang tidak ternilai.