Surah Ali 'Imran Ayat 164 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran Ayat 164 adalah sebuah ayat dalam Al-Qur'an yang memberi gambaran tentang besarnya pemberian Allah kepada orang-orang berim...

Surah Ali 'Imran Ayat 164

Surah Ali 'Imran Ayat 164 adalah sebuah ayat dalam Al-Qur'an yang memberi gambaran tentang besarnya pemberian Allah kepada orang-orang beriman. Di ayat tersebut Allah menyebutkan bahwa Dia telah memberikan karunia yang besar kepada orang-orang beriman dengan mengutus utusan-Nya; Rasul Allah Muhammad SAW untuk melakukan misi suci bagi manusia.


Rasul Allah Muhammad SAW mengajarkan Al-Qur'an dan Hikmat kepada manusia yang sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata. Kehadiran Nun/Rasul Allah Muhammad SAW telah mengubah kondisi orang-orang beriman yang sebelumnya hidup dalam kesesatan, dengan membawa dan menyebarkan kebenaran dan ajaran-ajaran agama yang benar. Sehingga dengan hadirnya Rasulullah, para pengikutnya pun dapat menyampaikan dan menyebarkan misinya ke seluruh dunia.


Ketika Rasulullah SAW membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dihadapan para sahabat-sahabatnya, para sahabatpun dapat memahami dan mendalami ajaran-ajaran agama yang diajarkan oleh Rasul. Dengan mengikuti kata-kata Rasul, mereka pun dapat menerka, memahami dan mempraktekkan ajaran-ajaran yang ditegaskan oleh Rasul. Hal ini akhirnya akan menimbulkan kesucian di jiwa mereka dan membawa mereka kepada jalan yang benar ataupun kepada kebenaran dan kebaikan.


Penyebaran ilmu dan pengetahuan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW setelah kedatangannya juga bertujuan untuk mencerdaskan dan membuat manusia mampu berfikir dengan benar. Sehingga dengan adanya pengajaran-pengajaran yang diberikan oleh Rasul, para pengikutnya tersebut dapat memutuskan dan memilih jalan yang benar. Mereka pun dapat memiliki kemampuan berfikir serta kesadaran signifikan atas Al-Quran.


Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Surah Ali 'Imran Ayat 164 merupakan ayat yang melukiskan gambaran tentang karunia yang besar dari Allah SWT yaitu turunnya seorang rasul yang memberitahukan ajaran-ajaran agama dan membawa manusia ke dalam kebaikan. Selain itu, juga dapat dipahami bahwa penyebaran ilmu dan pengetahuan yang diusung oleh Rasulullah SAW mampu mencerdaskan dan memberikan kesadaran kepada manusia untuk memilih jalan yang benar.