Surah Ali 'Imran Ayat 143 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran adalah salah satu surah utama dalam Al-Quran, yang merupakan bagian dari golongan surah-surah Madaniyah. Surah ini merupaka...

Surah Ali 'Imran Ayat 143

Surah Ali 'Imran adalah salah satu surah utama dalam Al-Quran, yang merupakan bagian dari golongan surah-surah Madaniyah. Surah ini merupakan surah kesebelas dengan jumlah ayat 200 yang terdapat dalam Al-Quran yang menyebutkan keutamaan ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran. Salah satu ayat yang banyak menjadi perhatian adalah ayat 143 dari surah Ali 'Imran.


Ayat ini secara langsung memberikan pesan kepada orang-orang yang beriman bahwa orang yang mengharapkan mati dalam jihad akan mencapai apa yang mereka harapkan. Ayat ini juga menekankan bahwa jiwa-jiwa yang berani akan mendapatkan apa yang mereka impikan. Dengan kata lain, ayat ini mendorong penderitaan yang ikhlas dan menegaskan bahwa seseorang yang siap berkorban untuk Islam, sebagaimana dilakukan oleh para sahabat Nabi Muhammad, akan mendapatkan balasan yang besar dan mengagumkan dari Allah.


Ayat 143 Surah Ali 'Imran menafsirkan bahwa orang-orang beriman telah mengharapkan syahid (mati syahid). Mereka telah berpikir bahwa mereka akan mengakhiri hidup mereka di medan perang sambil berjuang demi menegakkan agama Allah. Namun takdir Allah telah menentukan jalannya. Mereka telah melihat atau menyaksikan tercapainya kematian mereka dengan ikhlas untuk membela agama dan berjuang serta berkorban untuk kemaslahatan umat manusia.


Ibn Jarir At-Tabari, seorang ulama besar, menjelaskan maksud ayat ini dengan kata-kata berikut: "Allah menggambarkan keadaan orang-orang mukmin yang ikhlas untuk berjuang demi Allah. Mereka telah memperoleh segala yang mereka harapkan, yaitu kematian syahid. Mereka telah melihatnya dan menyaksikannya".


Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa korban yang kita lakukan akan menjadi lebih berarti jika alasan kita adalah agama. Iman Allah dalam benak kita yang mendorong kita untuk berapi-api dan berjuang demi kebenaran. Ketika kita berbuat demikian, maka Allah akan memberkati kita dan memberikan balasan atas usaha kita. Dengan kata lain, ayat ini mengajak kaummuslimin untuk tidak takut berjuang untuk mendirikan Islam, karena mereka akan mendapatkan pahala dari Allah.


Berdasarkan penggalan ayat surah Ali Imran ayat 143, Allah sedang memberi pujian kepada mereka yang bersedia berkorban untuk Islam dengan menyebutkan bahwa mereka telah mengalami kematian syahid. Mereka telah berbuat yang terbaik untuk kemaslahatan Umat Islam dan menerima pahala dari Allah yang menilai setiap amal baik yang telah dilakukannya. Dengan demikian, ayat 143 Surah Ali 'Imran merupakan wahyu yang memberi semangat dan motivasi bagi umat Muslim untuk berkorban untuk Islam dan bersedia berkorban demi menegakkan keadilan dan ketakwaan.