Surah Ali 'Imran Ayat 126 - QuranWeb

terms: Surah Ali ‘Imran ayat 126 adalah sebuah ayat dari Al-Quran yang digunakan untuk mengingatkan manusia tentang anugerah dan kekuatan dari Alla...

Surah Ali 'Imran Ayat 126

Surah Ali ‘Imran ayat 126 adalah sebuah ayat dari Al-Quran yang digunakan untuk mengingatkan manusia tentang anugerah dan kekuatan dari Allah. Ayat ini berbicara tentang bagaimana Allah menyertai manusia dengan kabar gembira tentang keberhasilannya. Ayat ini juga menegaskan bahwa kemanangan yang terjadi pada manusia hanya datang dari Allah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.


Ayat ini menekankan pentingnya mengucapkan berkat atas kemenangan yang diperoleh. Ini karena semua kemenangan pada akhirnya datang dari Allah. Ayat ini juga menyadarkan manusia bahwa mereka tidak selalu dapat mencapai hasil yang diinginkan tanpa bantuan-Nya.


Kata "bala-bantuan" dalam ayat ini mengacu pada anugerah dari Allah kepada manusia. Ini termasuk hal-hal seperti pemberian energi, karunia, keberanian, dan kesempatan untuk berhasil. Bila umat Islam mengimani Allah, mereka pun ikhlas mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan-Nya.


Pada akhir ayat, Allah mengingatkan bahwa kabar gembira yang datang dalam bentuk anugerah dan kemenangan adalah sebuah berkat. Itu artinya ia tidak datang dari manusia, tetapi datang dari Allah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.


Meskipun anugerah ini seperti pemberian hadiah, Allah mengingatkan bahwa hanya Dia yang berwenang memberi hadiah yang mustahil untuk diberikan orang lain. Ayat ini mengingatkan umat Islam bahwa bila mereka berhasil, itu semata-mata karena Allah yang memberikan kemampuan dan karunia yang tidak ada habisnya.


Ayat ini juga berkata bahwa kita harus bersyukur kepada Allah atas kemenangan yang kita raih. Berlindunglah kepada Allah berjenis-jenis ucapan syukur yang dapat membuat hati kita tenang.


Ayat ini juga mengajak manusia untuk selalu memasrahkan semua keinginan dan hasrat mereka pada Allah dan menyerahkan diri pada-Nya. Maka, ketika Allah memberikan kemenangan kepada orang yang tunduk kepada-Nya, hati orang yang beriman akan merasa tenang dan bersyukur. Dia akan tahu bahwa kemenangan yang diperolehnya bukanlah karena usaha yang kerasnya, melainkan karena pertolongan-Nya.


Kesimpulannya, Surah Ali ‘Imran ayat 126 adalah sebuah ayat yang mengingatkan kita bahwa segala bentuk kemenangan datang dari Allah. Ayat ini memberikan pesan penting bahwa kita harus bersyukur atas segala bentuk anugerah dan kesempatan yang diberikan-Nya. Ayat ini bisa menjadi pelajaran penting bagi umat Islam untuk mengenali dan menikmati anugerah Allah di setiap kemenangan yang diperolehnya.