Surah Ali 'Imran Ayat 102 - QuranWeb

terms: Surah Ali 'Imran adalah salah satu surat yang terdapat dalam Al-Quran. Surat ini terdiri atas 200 ayat dan membahas berbagai topik seperti p...

Surah Ali 'Imran Ayat 102

Surah Ali 'Imran adalah salah satu surat yang terdapat dalam Al-Quran. Surat ini terdiri atas 200 ayat dan membahas berbagai topik seperti petunjuk spiritual, kenegaraan, dan kebenaran. Dalam surat ini, Allâh subhânahu wata'âla berpesan kepada orang-orang beriman tentang pentingnya beriman dan takwa kepada Allah. Salah satu ayat yang termaktub dalam surat tersebut adalah ayat 102, yang berbunyi: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan Muslim."


Ayat ini adalah satu pesan jelas tentang pentingnya takwa kepada Allah. Di dalam ayat ini, Allâh mengingatkan para pemeluk agama Islam untuk selalu bertakwa kepada-Nya dan tidak pernah bosan-bosannya dalam beribadah kepada-Nya. Setiap muslim harus menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya agar mereka tidak menghadapi murka Allah. Allâh menekankan kepada kita agar kita bertakwa dengan sebenar-benar takwa agar kita bisa mendapatkan rahmat dari-Nya. Dan dalam ayat ini Allâh memberi kita saran untuk meninggal dalam keadaan Muslim. Dengan kata lain, Allâh mengingatkan kita bahwa jika kita mau mencapai taqwa, kehidupan kita harus didasari oleh keyakinan akan petunjuk-Nya.


Kebanyakan orang hanya berfokus pada hal-hal yang bersifat material atau duniawi dan lupa bahwa hidup mereka harus selalu berpusat pada Allah. Mereka cenderung melupakan ajaran agama mereka dan mengabaikan persyaratan untuk berhemat di dunia dan mencarikan amal saleh di akhirat. Namun, dengan pesan ayat ini bahwa seseorang harus meninggal dalam keadaan Muslim (juga mengingatkan kita akan betapa pentingnya berjalan di atas jalan yang ditentukan oleh Allah.


Pesan utama dari ayat ini adalah bahwa kita seharusnya selalu bertakwa pada Allâh subhânahu wata'âla dan hidup selalu berdasarkan petunjuk-Nya. Pada titik ini, yang harus selalu dipahami adalah bahwa kita harus berusaha untuk meninggal dalam kondisi beragama Islam. Dengan kata lain, hidup kita harus memenuhi persyaratan untuk mencapai taqwa kepada Allâh subhânahu wâta'âla. Jika kita mengikuti petunjuk-Nya, Allâh akan melipatgandakan pahala kita dan kita tidak akan menghadapi bencana-Nya. Jadi, kita harus selalu bertakwa pada Allah dan patuh kepada ajarannya untuk mencapai taqwa. Dan untuk meninggal di dunia dalam kondisi Muslim, kita harus benar-benar menaati aturan dan ketentuan-Nya dan melakukan amal saleh.