Surah Al Baqarah Ayat 12 - QuranWeb

terms: Surah Al-Baqarah ayat 12 merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran. Ayat ini bercerita tentang orang-orang yang menganiaya dan m...

Surah Al Baqarah Ayat 12

Surah Al-Baqarah ayat 12 merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran. Ayat ini bercerita tentang orang-orang yang menganiaya dan melakukan bentuk lain dari kekerasan kepada orang lain. Beberapa orang mencoba untuk menyesatkan orang lain agar selalu melakukan kejahatan. Namun, Allah telah berfirman bahwa mereka yang melakukan kejahatan sebenarnya tidak menyadari bahkan tidak sadar akan bahaya apa yang dihadapi.


Kemudian, Allah mengungkapkan bahwa orang-orang yang melakukan teror, kekerasan, dan perbuatan jahat lainnya adalah penyebab terjadinya kerusakan secara material ataupun spiritual. Allah juga ingatkan kembali bahwa orang-orang yang berbuat jahat itu tidak pernah menyadari bahaya yang dihadapi mereka sendiri. Di sisi lain, Allah menyebut bahwa:


"Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari."


Ayat ini juga mengingatkan kita bahwa semua orang pasti akan menjadi akibat dari apa yang mereka lakukan. Kerusakan yang telah mereka lakukan akan membuat orang lain merugikan. Hukuman Allah terhadap orang-orang yang melakukan kejahatan tentu akan semakin berat dan tinggi. Oleh karena itu, Allah memperingatkan orang-orang agar tidak terus berbuat jahat meskipun mereka tidak sadar atau tidak menyadari bahaya yang dihadapi.


Keluhan dan harapan Allah ini diungkapkan agar semua orang menyadari bahaya yang dihadapi ketika melakukan kejahatan. Dan seperti ayat yang Allah berikan, hukuman atas tindakan jahat mereka adalah jangkaan yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, semua orang harus berhati-hati dan menjaga diri dari perbuatan dosa agar mereka tidak menyebabkan kerusakan baik material maupun spiritual.


Surah Al-Baqarah ayat 12 adalah sebuah ayat yang diberikan Allah untuk mengingatkan kita tentang konsekuensi dari melakukan kejahatan dan perbuatan jahat lainnya. Ayat ini juga menggarisbawahi bahwa kerugian yang harus kita tanggung ketika melakukan kejahatan adalah berat dan tinggi. Oleh karena itu, Allah memeringatkan dan menganjurkan semua orang agar tidak melakukan perbuatan buruk demi menghindari kerusakan baik material maupun spiritual. Semoga dengan mengingat ayat ini, semua orang bisa menjadi lebih bijak dan berakal dalam segala hal.