Surah At-Taubah Ayat 83 - QuranWeb

terms: Surah At-Taubah ayat 83 merupakan perintah bagi Nabi Muhammad SAW untuk memberi peringatan kepada orang-orang munafik dan orang-orang yang t...

Surah At-Taubah Ayat 83

Surah At-Taubah ayat 83 merupakan perintah bagi Nabi Muhammad SAW untuk memberi peringatan kepada orang-orang munafik dan orang-orang yang tidak mau ikut berperang. Ayat ini memperingatkan orang-orang yang menolak untuk ikut berperang bersama Nabi Muhammad SAW, tidak boleh keluar dari rumahnya.


Ayat ini mengandung makna bahwa orang-orang yang menolak untuk ikut berperang harus tinggal di rumah atau duduk di tempat yang aman, dan jangan ikut berperang. Karena mereka telah menolak untuk ikut berperang sejak awal, maka mereka harus tinggal di tempat yang aman dan jangan masuk ke medan perang.


Selain itu, ayat ini juga disampaikan untuk memperingatkan Baginda SAW agar tidak membiarkan orang-orang munafik untuk pergi bersamanya. Oleh karena itu, Baginda SAW harus berhati-hati dalam menerima permintaan orang-orang yang ingin ikut berperang.


Kata-kata Allah SWT dalam ayat ini memiliki makna yang begitu dalam dan bijaksana. Dengan berbicara secara rinci, ayat ini memberikan pelajaran dan kesadaran bagi kita untuk berhati-hati dan berpegang teguh pada pilihan kita saat ikut berperang supaya tidak terprovokasi untuk beradu jotos dengan siapa pun yang tidak rela.


Ayat ini juga menunjukkan kepada Nabi Muhammad SAW agar memiliki sikap saling menghormati dan menghargai orang lain, serta berusaha menjadi contoh yang baik bagi umatnya. Dengan demikian, maka umatnya akan memiliki sikap yang memiliki keutamaan, yaitu menghormati dan menghargai orang lain, serta berpersatuan dan berkeluarga baik.


Selain itu, ayat ini juga seolah-olah mengingatkan agar selalu ada jarak antara orang-orang yang mengikuti dan tak pernah ikut berperang untuk melindungi serta menghormati orang-orang ini. Orang-orang yang tidak berperang harus mendapatkan perlakukan yang sama bahkan yang lebih baik dari masa lalu.


Untuk menarik kesimpulan, ayat ini membuat kita lebih mementingkan masalah kepentingan sunnah dalam persatuan dan keutamaan berjuang bersama, juga bagaimana Nabi SAW harus memperlakukan dan berhadapan dengan orang-orang yang tidak ikut berperang. Dengan kata lain, ayat ini mengingatkan kita untuk menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan menghormati orang-orang yang tidak berperang sehingga tercipta situasi yang harmonis dan berkat bagi semua umat manusia.